Membuat sebuah permainan di dalam Scratch

 Jadi, kita akan membuat sprite mengikuti dimana arah kita meng-klik dan menjadi seperti sebuah permainan kejar-kejaran. Bagaimana caranya? Tentu saja mari kita pelajari.

Saat kita mengerak gerakan mouse atau mengklik dengan cara menekan lalu tahan maka kucing (sprite) akan mengikuti kemana titik kita mengklik.

Jadi ini posisi awal


Kemudian kita akan memasukan kode when clicked yang ada di event agar saat bendera hijau yang berada di atas di klik dia akan mulai berjalan.


Lalu masukkan kode forever yang ada di control agar kucing (sprite) otomatis bergerak selamanya.


Lalu masukkan kode move🔟 steps yang ada di motion agar kucing (sprite) berjalan 10 langka.


Lalu masukkan kode next costume yang ada di looks agar kostum bisa berubah.


Lalu masukkan kode point towards (mouse pointer) yang ada di motion agar dapat mengarahkan titik tuju ya ke arah mouse pointer.


 Lalu masukan kode if....then yang ada di control agar saat kita meng klik tahan tapi tidak cepat-cepat pindah ke tempat lain maka kucing (sprite) menangkap kita dan mengeluarkan suara ketangkap.


Jadi kita akan masukan bloknya dengan cara sensing masukan louching (mouse-pointer) yang artinya menyentuh.


Lalu masukkan kode say(hello) pada looks dan Menganti hello menjadi ketangkap!!! Jadi jika kucing (sprite) menyentuh bagian kita klik maka dia akan berteriak ketangkap.


Lalu kita akan mencari kode untuk berhenti dari kode when clicked dengan cara masukan kode stop all yang ada di control lalu ganti kata all dengan this script.


Lalu gabungkan semuanya. Ketika gambar bendera hijau di klik maka perintah ini akan di jalankan secara terus menerus selamanya dimana kita akan meng-klik, tahan dan tarik sesuka hati kemana pun arahnya dan kucing (sprite) akan berjalan 10 langkah lalu ganti kostum. Saat kucing (Sprite) menyentuh titik yang kita klik, kucing (sprite) akan mengucapkan ketangkap lalu berhenti dan akan mulai lagi.





Komentar